tag

Senin, 30 November 2015

implementasi Ekstrakurikuler Menurut Permen 81 A Tahun 2013

Ingin tahu tentang hal-hal penting seputar eksistensi kegiatan eskul ternyata dapet juga :
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 81A TAHUN 2013 TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM : PEDOMAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Aksi ganesta
isinya menerangkan urusan seputar dasar pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Indonesia,, lets check thiss out :)
langsung aja ke visi dan misi pemerintah dalam mensupport kegiatan ekstrakurikuler...
isinya menerangkan urusan seputar dasar pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Indonesia,, lets check thiss out :)
langsung aja ke visi dan misi pemerintah dalam mensupport kegiatan ekstrakurikuler

isi
Visi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan adalah berkembangnya potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, dan kemandirian peserta didik secara optimal melalui kegiatan-kegiatan di luar kegiatan intrakurikuler.
Misi

Misi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan adalah sebagai berikut:
a. Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.
b. Menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri dan atau berkelompok.
"Siap Grak" ,siaksi Paskibra
 
Dari tulisan diatas udah bisa kita lihat kalo pemerintah ngga haya peduli sama peningkatan kemampuan akademik, tapi juga non-akademik generasi mudanya.Disana disebutkan kalo satuan pendidikan (sekolah) harus memfasilitasi perkembangan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, dan kemandirian peserta didik secara optimal melalui kegiatan-kegiatan di luar kegiatan intrakurikuler, alias ekstrakurikuler.
Dalam penerapannya, satuan pendidikan harus menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik agar mereka dapat mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri
aksi group olahraga eui
secara optimal melalui kegiatan mandiri dan atau berkelompok.

mantapss kann??

Fungsi
a. Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
Pelantikan Anggota Paskibra
b. Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik. Kompetensi sosial dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktek keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
c. Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
d. Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

ternyata dari sini kita bisa tau kalo urusan eskul juga bisa mengantarkan para siswa menuju jenjang karier. so, jangan tunda untuk gabung di aneka kegiatan eskul yahh...
Lagi donor darah, pasti kerjaan .PMR yg ngerayu

Tujuan
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan adalah:
a. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
b. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.
Prinsip
Kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan dikembangkan dengan prinsip sebagai berikut:
1. Bersifat individual, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat, dan minat peserta didik masing-masing.
2. Bersifat pilihan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan minat dan diikuti oleh peserta didik secara sukarela.
3. Keterlibatan aktif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing.
4. Menyenangkan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dalam suasana yang menggembirakan bagi peserta didik.
5. Membangun etos kerja, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan dan dilaksanakan dengan prinsip membangun semangat peserta didik untuk berusaha dan bekerja dengan baik dan giat.
6. Kemanfaatan sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan dan dilaksanakan dengan tidak melupakan kepentingan masyarakat.
Pramuka
Jenis Kegiatan
Kegiatan ekstrakurikuler dapat berbentuk.
1. Krida; meliputi Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dan lainnya;
2. Karya ilmiah; meliputi Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya;
3. Latihan/olah bakat/prestasi; meliputi pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan, dan lainnya; atau
4. Jenis lainnya.

Format Kegiatan
Kegiatan ekstrakurikuler dapat diselenggarakan dalam berbagai bentuk
1. Individual; yakni kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dalam format yang diikuti oleh peserta didik secara perorangan.
2. Kelompok; yakni kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dalam format yang diikuti oleh kelompok-kelompok peserta didik.
3. Klasikal; yakni kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dalam format yang diikuti oleh peserta didik dalam satu kelas.
4. Gabungan; yakni kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dalam format yang diikuti oleh peserta didik antarkelas.
5. Lapangan; yakni kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dalam format yang diikuti oleh seorang atau sejumlah peserta didik melalui kegiatan di luar sekolah atau kegiatan lapangan.

well,, ternyata semuanya lengkap banget dipikirin sama pemerintah kita... tunggu apa lagi,, ayo gabung di eskul yang ada di sekolahmu.. :)  by Mr. Jhon.

4 komentar:

  1. Banyak penghijauan di sekitar lingkungan sekolah.
    Tingkatkan prestasi, baik di pelajaran maupun segi olahraga.
    Selalu beri pengarahan agama dan moral untuk anak didik.
    #sukses selalu SMAN 1 PATOKBEUSI.
    Alumnus 2008/2009.

    BalasHapus
  2. Banyak penghijauan di sekitar lingkungan sekolah.
    Tingkatkan prestasi, baik di pelajaran maupun segi olahraga.
    Selalu beri pengarahan agama dan moral untuk anak didik.
    #sukses selalu SMAN 1 PATOKBEUSI.
    Alumnus 2008/2009.

    BalasHapus