tag

Selasa, 02 November 2010

Sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Patokbeusi

Sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Patokbeusi

Patokbeusi adalah sebuah daerah dijaluir Pantura, Propinsi Jawa barat tepatnya di Kabupaten Subang yang berbatasan dengan Kabupaten Karawang. Patokbeusi merupakan sebuah wilayah kecamatan hasil pemekaran wilayah, dari Kecamatan Pabuaran ( 1987 ), sebagai daerah Kecamatan yang cukup lama tentunya, dituntut untuk terus memacu perkembangan sehingga tidak tertinggal oleh kecamatan lain.
 Pengembangan di Kecamatan Patokbeusi terus bergulir seiring dengan berjalannya waktu, baik pembangunan infrastruktur, pengembangan bidang pelayanan public dan tidak ketinggalan pembangunan bidang pendidikan. Masyarakat Patokbeusi sangat dinamis dan selalu merespon dan memperhatikan berbagai hal untuk kemajuan wilayah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa asal daerah Patokbeusi yang melanjutkan sekolah ke daerah lain, terutama untuk sekolah lanjutan tingkat atas. Situasi ini dapat dilihat dari kegiatan penerimaan siswa baru untuk tingkat sekolah lanjutan atas di SMA negeri 1 Ciasem yang jumlahnya melebihi daya tampung yang ada. Dengan adanya situasi seperti ini, menjadi perhatian Drs. H. ENANG KOHAR,M.Si yang sekarang menjabat Kepala cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Patokbeusi. Sehingga timbul gagasan untuk mendirikan sebuah SMA di Kecamatan Patokbeusi, gagasan tersebut mendapat dukungan yang positif dari tokoh masyarakat Kecamatan Patokbeusi yang di pelopori oleh Bapak H. DULLOH seorang pengusaha Rumah Makan ( HILDA ) serta dukungan pemerintah tingkat Kecamatan yang pada saat itu dijabat oleh Bapak DEDDY SOEMARDI, S.SOS. Serta Dinas Instansiu yang lain.

 Maka pada tahun pelajaran 2004/2005, gagasan untuk mendirikan sebuah SMA di Kecamatan Patokbeusi direalisasikan dengan membentuk panitia penyediaan lahan / tanah untuk pembangunan SMA serta dilanjutkan dengan menghubungi SMA Negeri 1 Ciasem untuk bersedia menjadi sekolah Induk yang membuka kelas jauh di Kecamatan Patokbeusi yang pada saat itu Kepala Sekolah SMA Negerti 1 Ciasem dijabat oleh Bpak Drs. ANANG JAUHARUDDIN,MM.PD. yang dimulai menerima siswa baru berjumlah 230 siswa untuk sementara menggunakan ruangan SMP Negeri 1 Patokbeusi Jl. Sarengseng sebanyak 6 ( enam ) Rombongan belajar / kelas. Dengan nama sekolah “ SMA Negeri 1 Ciasem Kelas jauh Patokbeusi “ Pada tahun anggaran 2005 Pemerintah Pusat memberikan dukungan dengan membangun USB ( Unit Sekolah Baru ) terdiri dari 1 (satu) unit Kantor Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha dan Ruang Guru serta 1 ( satu ) Unit Ruang Perpustakaan. Adapun Pemerintah Daerah Kabupaten Subang membangun 1 (satu) unit Ruang Kelas Belajar ( RKB ) sebanyak 3 ( tiga ) Lokal.

 Pada tahun pelajaran 2006/2007 gedung baru dapat dipergunakan oleh kelas XII ( dua belas ) dan untuk kelas X, XI masih menempati gedung SMP Negeri 1 Patokbeusi. Dan pada tahun anggaran 2006 SMA Negeri mendapat bantuan Block Grand dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat membangun 2 ( dua ) local RKB ditambah bantuan siswa Khusus kelas X / yang baru 1 (satu) local.
 Selanjutnya pada tanggal 17 April 2006 diterbitkan SK Bupati dengan nomor : 060/KEP.414-ORG/2006 tentang Penetapan Status Negeri Unit Sekolah baru ( USB ) Sekolah Menengah Atas ( SMA ) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang dengan sebutan “ SMAN 1 PATOKBEUSI “ adapun jumlah siswa sebanyak 706 siswa ditampung dalam 18 ( delapan belas ) Rombongan Belajar. Untuk para pengajar di SMAN 1 Patokbeusi itu dari SMA Negeri 1 Ciasem sebagai Sekolah Pembina SMA Negeri 1 Patokbeusi dan SMPN 1 Patokbeusi berjumlah 46 ( empat puluh enam ) orang guru, untuk kegiatan sehari-hari SMA Negeri 1 Patokbeusi di kelola Oleh Ibu Dra. DWI PURWANI Guru senior SMA Negeri 1 Ciasem selaku PLH SMA Negeri 1 Patokbeusi, dan dibantu beberapa guru senior lainnya,  Drs.Asep Supriatna ,Salimah,S.Pd. Drs,Subandi  S.

 Pada Bulan Mei tahun 2007 Bapak IIN SOLAHUDIN,S.PD. NIP. 131 849 820 Guru dari SMA Negeri Purwadadi diangkat dengan SK Bupati Nomor : 820/KEP.281-BKD/2007, tanggal 28 Mei 2007 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri SIPIL dalam Jabatan Fungsional Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah Menengah Atas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Subang

 Perkembangan SMA Negeri 1 Patokbeusi terus meningkat dari tahun ke tahun, ini dibuktikan makin banyaknya siswa yang mendaftar. Tidak hanya jumlah siswa saja, tapi hal-hal lainpun diperhatikan. baik sarana maupun prasarana untuk mendukung lancer dan suksesnya proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Patokbeusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar