tag

Kamis, 11 November 2010

Sampah Ajang Aktualisasi Diri Dalam Pembelajaran Seni Budaya

Sampah! terbayang dibenak kita pastilah sesuatu yang menjijikkan dan identik dengan predikat yang melekat padanya bau busuk menyengat, kumel, dekit , dan seabrek kata yang menjijikkan yang membuat orang tidak suka.

Ditangan para siswa smansapatokbeusi yang dibimbing oleh guru Seni Budayanya yang masih berstatus mahasiswa S2 ,Donik Gurnita,S.Pd. "sampah" menjadi bernilai seni , seni mengaktualisasikan diri dengan sampah sebagai pusat tema sentral untuk diusung kepada khalayak ramai sehingga tidak lagi menimbulkan kesan kotor, kumuh, dekit, dan seabrek kata yang bersinonim dengan kata menjijikkan.

Sampah yang dibuat menjadi pakaian yang terlihat pada photo berikut , yang dipakai para siswa , nampak enak dipandang dan kesan yang melekat pada kata "sampah" pun menghilang.




Itulah seni yang hendak ditanamkan oleh Mr. Donik kepada siswa , yang mungkin juga untuk pesan kepada masyarakat umum , bahwa sampah bukanlah sesuatu hal yang menjijikkan dan yang paling pokok adalah bagaimana membuat sampah bernilai, baik nilai seni maupun nilai ekonomi .

Nah photo dibawah ini memperlihatkan Mr. Donik sedang memberi pengarahan kepada para siswa untuk memperlakukan sampah menjadi bernilai seni.


Jadi ,yang diharapkan adalah tidak ada lagi orang menganggap sampah sebagai sesuatu yang menjijikkan, yang ada hanyalah memandang sampai sebagai sesuatu yang bernilai plus bagi masyarakat.

Tuh Mr. Donik!! "nanti he.. he..kita tidak bisa sembarangan mengambil sampahnya, karena semua sudah sarat nilai,tentu tidak ada lagi yang mubazir dari sampah".

Oh ia sekarang musim hujan , saran buat Mr Donik, bagaimana kalo sampah dari bekas deterjen itu disulap menjadi jas hujan kan lumayan tidak kehujanan dan irit lagi. He he.

Ok Mr. Donik sukseslah and kita tunggu jas hujan sampahnya ya.
Go sukses. Go Sukses

3 komentar:

  1. oke bozz makasih atas motivasinya,ingin Melakukan pekerjaan rutin teknis untuk memastikan sarana dan prasarana pendukung kerja tersedia dalam kondisi yang bersih dan rapih, antara lain: membersihkan ruang kerja dan sekitar sekolah kita.itu penting....saya bangga staf pengajar dan karyawan,siswa-siswi luarbiasa fantastis,unggul dalam Akademik,Santun dalam bersikap,dan mempunyai Ahlak yamg mulia.Apalagi kepala sekolahnya pak Iin Solahudin,S.Pd.,M.M.Pd.is the best....!!!hehehehe jas hujan sampah siap dikondisikan komandan..

    BalasHapus
  2. hidup smansa patokbeusi............ jaya selalu.

    BalasHapus
  3. sip..... semuanya harus nurut kepada yg dianjurkan bapak guru kita Bpk doniek gurnita, S.Pd. Bravo sampah

    BalasHapus